PEDOMAN PRAKTIS SERTIJAB LEVEL KOMPI

Serah terima jabatan (Sertijab)adalah suatu event penting yang akan berpengaruh bagaimana seseorang akan memimpin. Menerima tugas dan wewenang dalam sertijab sebagai Komandan Kompi/Tim atau perwira staff setingkat  dalam organisasi militer merupakan suatu hal yang pasti akan dialami oleh seluruh perwira.pertama.

Bagi seorang komandan atau pejabat baru, tindakan kita pada saat proses  mengambil alih tugas dan tanggung jawab dalam sertijab akan menarik  perhatian seluruh anggota dan juga para perwira senior kita.. Mereka  akan tertarik dengan gaya kepemimpinan kita, mereka akan mencari tahu  apa yang akan menjadi arah tujuan dan standar kita serta bagaimana  cara kita berusaha mencapainya. Mereka sangat ingin tahu perubahan-  perubahan apa yang akan kita lakukan, dan banyak lagi pertanyaan  tentang kita sebagaimana kita juga punya banyak pertanyaan tentang  mereka dan satuan itu.

Komandan baru untuk tingkat Kompi/Tim biasanya sudah cukup banyak mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan satuan yang akan dipimpin karena biasanya dipilih seorang perwira dari dalam satuan di battalion  atau detasemen itu sendiri. Waktu antara mulai mendapat surat perintah  jabatan sampai pelaksanaan sertijab merupakan kesempatan yang baik  untuk memulai proses ambil alih komando. Memanfaatkan kesempatan ini  secara bijaksana akan mempermudah proses transisi berjalan lebih baik. Tindakan-tindakan yang dilakukan sebelum sertijab     Meskipun setiap Komando satuan maupun bagian staf memiliki karakteristik     yang unik, ada beberapa hal umum yang seharusnya dapat dilakukan oleh     calon komandan baru menjelang sertijab.

Meskipun dalam bagian ini kita     akan membahas setiap tindakan  yang mungkin bisa dijadikan daftar checklist     sebagai pedoman, tetapi diharapkan setiap calon Danki/Dantim atau perwira     staf harus bisa menentukan yang mana yang harus lebih diprioritaskan dan     lebih di fokuskan.

1.    Kenali misi satuan

a.    Kapan penugasan-penugasan operasi satuan

b.    Apakah ada misi dalam keadaan khusus

2.    Kenali apa yang diharapkan dari satuan ini Apakah yang diharapkan dalam pembinaan harian di markas sering kali berbeda dengan yang diharapkan pada saat penugasan operasi

a.    Apa rencana jangka pendek dan jangka panjang dari satuan ini Rencana dari   komando atas

b.    Apa yang menjadi :

•    Tujuan satuan

•    Prioritas satuan

•    Rencana-rencana

•    Program

•    Anggaran

3.    Kenali siapa-siapa unsur pimpinan bawahan dan apa yang mereka harapkan dari kita

a.    Apa yang menjadi harapan mereka secara professional kepada kita

b.    Apa yang mejadi harapan mereka secara personal kepada kita

c.    Bagaimana mereka mamanfaatkan staf mereka

d.    Apakah ada rantai kepemimpinan informal

e.    Bagaimana kita bisa memanfaatkan pemimpin informal yang ada untuk mendukung kita

4.    Kenali orang-orang yang menjadi kunci diluar organisasi yang dapat     mendukung anda untuk mencapai misi satuan.

a.    Organisasi apa

b.    Bagaimana mereka bisa memberi kontribusi untuk mendukung tercapainya      misi atau tujuan satuan

c.    Dalam rangka apa saya mengunjngi mereka

d.    Apakah cukup dengan sekali kunjungan atau harus ada pendekatan yang lebih .

5.    Tentukan bagaimana misi satuan dapat sesuai dengan misi dari komando atas.

a.    Apa misi dari komando atas

b.    Apa yang mejadi tujuan, rencana-rencana dan sasarannya

c.    Bagaimana satuan kita bisa memberi kontribusi bagi tercapainya misi satuan atas.

d.    Bagaimana satuan kita memberi kontribusi bagi misi darurat dan bagaimana caranya

6.    Tetapkan  standar organisasi yang harus dicapai oleh satuan kita

a.    Pelajari bagaimana standar harwat,operasi dan latihan yang sudah berlaku.     b.    Bagaimana standar-satandar tersebut diukur

c.    Prosedur standar mana yang dikeluarkan oleh battalion/Detasemen

d.    Prosedur standar mana yang dikeluarkan oleh satuan yang lebih tinggi

e.    Apakah ada standar yang bersifat harga mati

f.    Apakah ada standar yang sudah berlaku tetapi tidak didukung dokumentasi     7.    Ketahui sumber daya satuan yang ada yang dapat membantu satuan itu mencapai target misi

a.    Bagaimana status anggota dalam satuan

b.    Bagaimana status peralatan dan perlengkapan satuan

c.    Apakah ada permasalahan umum tentang logistic satuan

d.    Bagaimana anggaran diawasi dan apakah ada permasalahan anggaran

e.    Bagaimana kondisi gedung dan fasilitas lain yang kta gunakan dan yang     menjadi tanggung jawab kita

8.    Pelajari siapa yang membeikan laporan langsung kepada kita. Apakah ada orang yang berada diluar struktur formal organisasi yang memberikan laporan-laporan kepada kita Kenapa

9.    Pelajari dokumen-dokumen satuan seperti sejarah satuan, Prosedur tetap, kebijaksanaan ,dll

10.    Berdiskusi dengan komandan kompi yang lama bila memungkinkan.

a.    Apa yang menjadi perhatian khusus,isu-isu,masalah atau mungkin ada     hal-hal yang sempat membuat  komandan lama merasa frustasi

b.    Apakah ada “skeleton in the closet” yang mungkin belum terlihat oleh     komandan baru

c.    Program atau kebijaksanaan apa yang telah dimulai oleh komandan lama     yang dia harapkan dapat melihat efeknya nanti

d.    Seandainya dia tetap menjabat sebagai komandan, apa yang ia harapkan     bisa berubah kenapa

e.    Hal terbaik apa yang terbaik yang pernah dilakukan satuan

f.    Hal apa yang sebenarnya menarik kesatuan secara bersama-sama

11.    Dengarkan indicator-indikator  dari reputasi satuan

a.    Bagaimana pandangan dari komando atas tentang satuan ini

b.    Bagaimana menurut pendapat anggota tentang satuan ini

c.    Apakah satuan ini pernah memenagkan kompetisi atau pertandingan

d.    Apakah ada kasus hokum pidana dan masalah narkoba atau indikasi kearah itu

12.    Bila mengambil alih komando, manfaatkan kesempatan pendataan inventaris  kantor dalam pergantian tanggung jawab kantor untuk memulai penilaian  terhadap satuan.

13.    Bila anda sudah selesai melaksanakan serah terima  tanggung jawab inventaris kantor dan siap memimpin satuan,Tanyakan pertanyaan berikut pada diri kita sendiri:

a.    Apakah komunikasi berjalan efektif dalam satuan itu

b.    Bagaimana Komandan bawahan berinteraksi dengan prajuritnya

c.    Apakah penampilan satuan menunjukkan standar yang tinggi

d.    Bagaimana kerjasama dalam satuan

e.    Apakah rencana jangka pendek dan jangka panjang dari komando atas Banyak pertanyaan kita tentang satuan akan terjawab satu persatu selama pergantian tanggung jawab inventaris kantor.

Bila kita mampu mendapatkan jawaban yang akurat dari pertanyaan-pertanyaan tersebut berarti kita telah membangun pemahaman dasar tentang satuan yang akan kita pimpin.Kita mungkin tidak akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut secara detail, jawaban itu akan terjawab pada waktunya.tetapi biarbagaimanapun kita telah menyelesaikan penilaian awal terhadap satuan,aturan kita dan pertanggung jawaban , dan akan bersiap- siap untuk melanjutkan proses sertijab bukan sebagai orang luar, melainkan sebagai seorang komandan.

Tindakan saat mulai menampilkan diri sebagai pemimpin satuan     Mengambil alih dan menampilkan diri menjadi pemimpin satuan bukanlah sesuatu     yang bisa dipaksakan dalam suatu organisasi. Hal ini merupakan suatu proses     yang melibatkan pemimpin , bawahan dan atasan. Mengambil alih kepemimpinan     suatu satuan sering kali digambarkan sebagai usaha untuk memenangkan kepercayaan,     rasa kepercayaan diri, respek baik dari atasan dan juga dari anggota.

Dengan surat perintah jabatan yang kita terima akan menjadikan kita sebagai     komandan yang berwenang, tetapi belum seutuhnya menjadikan kita menjadi seorang     pemimpin organisasi sampai kita bisa menunjukkan kemampuan kita dalam penguasaan     taktik,teknik,administrasi dan aspek-aspek kepemimpinan dari jabatan kita. Pada     bagian ini akan dibahas 7 langkah setelah kita menerima tugas dan tanggungjawab,     langkah langkah ini merupakan garis besar format yang dapat memudahkan kita unutk     mengembangkan daftar checklish pribadi kita masing-masing.

1.    Laksanakan pertemuan perdana dengan para pemimpin bawahan

a.    Perkenalkan diri dan latar belakang

b.    Ucapkan terima kasih kepada mereka atas bantuannya selama serah terima     jabatan     dan pertanggung jawaban inventaris.

c.    Jika kita sudah membangun suatu filosofi kepemimpinan pribadi kita,     sampaikan kepada mereka.

d.    Sampaikan tujuan jangka pendek dan jangka panjang serta prioritas kita     e.    Berikan mereka contoh penampilan standar yang kita harapkan.

f.    Tentukan dan jelaskan tentang konsep dan standar intregritas kita

g.    Berikan penekanan tentang komunikasi antar unsure pimpinan dan dengan     anggota

h.    Tanyakan bila ada pertanyaan dari mereka, dan tutuplah pertemuan dengan     sesuatu yang positif.

2.    Kunjungi setiap bagian dalam satuan

a.    Laksanakan kunjungan kesetiap bagian dalam satuan yang baru kita pimpin,     mulailah dari bagian staf kita sendiri, kemudian peleton dan regu.jadwalkan     rencana kunjungan, sampaikan kepada danton,danru bahwa anda akan berkunjung     kelingkungan mereka dan bertemu dengan para anggota,untuk kunjungan pertama     ini berikan mereka waktu untuk mempersiapkan diri.

b.    Berbicaralah dengan setiap prajurit,kenalilah mereka dan beri kesempatan     mereka untuk bertemu kita,tanyakan tugas dan jabatan mereka.

c.    Bersikaplah proesional dan tanyakan pertanyaan yang bermakna,seperti     pertanyaan “Kapan terkhir kendaraanmu diperbaiki ada kerusakan apa berapa lama     dalam perawatan ” lebih baik daripada sekedar bertanya “Bagaimana morilmu ”     Pertanyaan seperti itu sudah pasti akan dijawab anggota dengan “Siap,baik Dan”  d.    Persiapkan dulu diri kita sebelum melakukan kunjungan,bila ada masalah dalam     peleton itu yang kita belum yakin ,tanyakan.     Bila peleton itu sudah menunjukkan penampilan yang bagus selama ini,berikan     kata penghargan dan tantang mereka untuk mempertahankannya, begitu juga dengan     anggota yang berprestasi selama ini.

3.    Pastikan kita mengerti fungsi-fungsi yang menjadi tanggung jawab kita seperti Latihan,perawatan dan administrasi.

4.    Buatlah Laporan evaluasi sesuai yang berlaku dalam satuan.

a.    Jangan hanya mengopy laporan dari komandan sebelumnya.

b.    Bawalah laporan itu kepada Komandan Batalion dan diskusikan untuk meminta     petunjuk.

5.    Kenali level kompetensi,kemampuan dan kelemahan dari bawahan kita dengan  cara:

a.    Data-data dalam catatan sejarah satuan.

b.    Survey

c.    Interview

d.    Observasi

6.     Buatlah rencana untuk menilai satuan kita

a.    Fokuskan usaha penilaian kita,tentukan bagian-bagian yang mau kita nilai,dan     kenapa kita mau menilai bagian itu

b.    Buatlah rencana penilaian setiap bagian secara terpisah.

c.    Pantau penampilan setiap bagian dan diarsipkan.

d.    Bandingkan hasilnya dengan standar yang sudah ditetapkan.

e.    Laksanakan kaji ulang dan buatlah rencana untuk meningkatkan kemampuan. 7.    Kunjungilah personil kunci diluar organisasi yang dapat mendukung satuan kita.

a.    Perwira seksi Operasi,Logistik

b.    Batih battalion

c.    Dokter battalion,dll

Kesimpulan Informasi yang penulis sampaikan diatas diharapkan dapat menjadi dasar untuk  mengembangkan daftar checklist pribadi kita masing masing tentang hal-hal yang  perlu kita lakukan dalam mempersiapkan diri untuk menerima tugas dan tanggung  jawab sebagai komandan kompi atau perwira staf setingkat. Semakin baik kita  mempersiapkan diri semakin baik pula kesempatan kita untuk berhasil.

Iklan

Tentang cosmas97

Guru Militer di Pusat Pendidikan Zeni Kodiklat TNI AD
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke PEDOMAN PRAKTIS SERTIJAB LEVEL KOMPI

  1. cosmas97 berkata:

    Tulisan ini berdasarkan Bahan pelajaran ketika penulis mengikuti pendidikan ECCC 02-07 di Fort Leonard Wood,MO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s